tcktcktck Badge

Join the call for a global climate deal at TckTckTck.org

Saturday, April 25, 2009

Sejarah Komunikasi Visual - Art and Craft Movement

PERKEMBANGAN DESAIN GRAFIS PADA PERGERAKAN SENI DAN KERAJINAN

LATAR BELAKANG MUNCULNYA PERGERAKAN SENI DAN KERAJINAN

Pergerakan seni dan kerajinan (the arts and crafts movement) merupakan sebuah pergerakan estetika dari masyarakan Inggris, Kanada, dan Amerika yang muncul pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 yang merupakan reaksi perlawanan terhadap kekacauan sosial, moral, seni dan budaya pada masa revolusi industri. Pergerakan ini dimulai oleh William Morris (1834 – 1896) dan kemudian disebarluaskan melalui tulisan inspiratif oleh John Ruskin (1819 – 1900). Pergerakan reformis ini mempengaruhi gaya arsitektur, seni-seni dekoratif, pembuatan furniture, bahkan desain taman di Inggris, Kanada, dan Amerika. Inti pergerakan ini adalah keprihatinan atas apa yang dihasilkan di masa revolusi industri, terutama akan produk-produknya yang tidak berkualitas (dalam hal cita rasa seni). Pergerakan seni dan kerajinan ingin mengembalikan kaidah ‘humanity and beauty’. Pergerakan seni dan kerajinan menekankan pada produk-produk yang dihasilkan dengan tangan (hand made), meski untuk itu produk yang dihasilkan secara jumlah menjadi sangat terbatas. Jumlah terbatas tersebut dikarenakan gerakan ini anti mesin-mesin industri untuk membuat hasil produksi yang massal.

KARAKTERISTIK DESAIN GRAFIS PADA PERGERAKAN SENI DAN KERAJINAN

Karakter desain pada pergerakan seni dan kerajinan antara lain:

- Segala sesuatu duhasilkan dengan tangan (hand made).

- Sudah memiliki prinsip proporsi dan fungsi-fungsi bentukan,

- Memiliki nilai estetis dan craftmenship yang sangat tinggi,

- Memiliki border berupa seni ornamen yang mayoritas berupa sulur-sulur atau tetumbuhan yang padat dan rumit,

- Dipengaruhi oleh gaya ilustrasi Gothic.

Secara garis besar, pergerakan seni dan kerajinan terbagi atas dua aliran besar, yaitu:

- Rasionaliasi desain oleh kalangan modernis-formalis

- Stilasi desain kalangan stylish, yang kemudian melahirkan Art Nouveau

TOKOH-TOKOH DESAIN GRAFIS PADA PERGERAKAN SENI DAN KERAJINAN

William Morris (1834 –1896) merupakan arsitek, desainer tekstil dan mebel, seniman, penulis, filsuf, penyair, dan aktivis sosial berkebangsaan Inggris. Beliau bersama teman-temannya dalam perkumpulan Pre-Raphaelite merupakan pelopor dari pergerakan senidan kerajinan. Beliau dan teman-temannya bersama-sama menentang produksi massal insdutri dalam penciptaan karya seni dan berusaha mengembalikan keeksklusifan dari karya seni itu sendiri. Menurutnya, seni seharusnya dibuat dengan tangan dan tidak ada hierarki di dalamnya.

Gambar: William Morris oleh George Frederic Watts, 1870

Sumber:www.en.wikipedia.org

/wiki/William Morris

PENGARUH PERGERAKAN SENI DAN KERAJINAN TERHADAP DESAIN GRAFIS

Pada era ini, desain grafis kembali menjadi sebuah seni yang tidak bersifat masal. Kelompok seniman dan desainer muda yang dipimpin Mackmurdo mendirikan Century Guild pada tahun tahun 1882. Keberhasilan Century Guild adalah membuat segala bidang cabang seni dielevasikan (ditinggikan). Kelompok tersebut mengembangkan estetika desain baru dangan menggabungkan ide-ide desain Renaissance dan Jepang ke dalam pekerjaan mereka. Desain-desain grafis mereka memberikan hubungan dengan pergerakan seni dan kerajinan ke stilasi tumbuh-tumbuhan Art Nouveau.

Selain itu, terdapat pula Kelmscott Press yang mengembangkan kembali kembali keindahan buku-buku pada masa Incunabula. Lukisan tangan yang sangat teliti, kertas buatan tangan, pemotong manual woodblock dan inisial-inisial serta kesamaan border-border dibuat untuk membuat produk yang indah dalam kilas balik masa dimana buku menjadi suatu seni yang indah. Terdapat pula beberapa percetakan pribadi pada masa ini sehingga desain grafis tidak lagi menjadi sebuah bisnis publik.

2 comments:

Anonymous said...

terima kasih, sangat berguna sekali untuk tugas saya :)

Anonymous said...

Terima kasih untuk materinya