tcktcktck Badge

Join the call for a global climate deal at TckTckTck.org

Saturday, April 25, 2009

Sejarah Komunikasi Visual - Masa Renaissance

Kebangkitan dari abad kegelapan di Eropa ditandai dengan Abad Renaissance yang muncul pertama kali di Italia. Renaisans adalah suatu periode sejarah yang mencapai titik puncaknya kurang lebih pada tahun 1500. Renaissance berasal dari bahasa Perancis yang artinya adalah "lahir kembali" atau "kelahiran lembali". Yang dimaksudkan adalah dipergunakannya dan dikaji kembali pemikiran-pemikiran, nilai-nilai, serta budaya klasik Yunani kuno dan Romawi kuno.



Masa ini merupakan masa yang mengeluarkan Eropa dari kegelapan intelektual abad pertengahan dan awal mula kejayaan Eropa dalam berbagai bidang, meliputi sains, seni, kesustraan, yang pastinya turut campur pula peran desain grafis. Masa Renaissance merupakan sebuah revolusi, suatu reaksi terhadap kakunya pemikiran serta tradisi Abad Pertengahan.



LATAR BELAKANG PERKEMBANGAN DESAIN GRAFIS PADA MASA RENAISSANCE

Perkembangan desain grafis pada masa Renaissance bermula di kota Venice, Italia yang merupakan pusat perdagangan dan pintu gerbang Eropa untuk perdagangan dengan negara-negara Mediteran Timur, India dan orang-orang Timur, yang dalam interaksinya memberi petunjuk mengenai cara-cara dalam pengembangan desain grafis. Awal perkembangan ditandai dengan munculnya semangat pembaruan inovatif desain grafis di Italia yang di pelopori oleh Sweyhheym dan Pannartz yang memulai perancangan jenis huruf berbasis Roman yang awalnya dibuat dengan cara manual oleh juru tulis. Oleh Sweyhheym dan Pannartz, jenis huruf Roman tersebut kemudian dikombinasikan dengan huruf kecil Caroline abad ke-9 dan dalam perancangan huruf ini, ditambahkan serif pada beberapa huruf.



DESAIN GRAFIS YANG BERKEMBANG PADA MASA RENAISSANCE\

Renaissance Italia

Johannes de Spira merupakan tokoh utama percetakan di Italia. Pada tahun 1470 de Spira memunculkan De Civitate Dei yaitu buku tipografi pertama yang dibuat dengan pencetakan sejumlah halaman. Setelah Johannes de Spira meninggal, munculah Nicolas Jenson (1420-1480)yg menciptakan huruf Roman dengan keterbacaan yg sempurna.



Ciri desain grafis zaman Renaissance penuh dengan dekorasi bunga-bungaan dan tumbuh-tumbuhan merambat. Dekorasi ini tidak hanya digunakan dalam dekorasi buku-buku dan naskah-naskah, namun juga diaplikasikan untuk furniture, arsitektur.



Griffo atau dengan naman lain Francesco da Bologna menciptakan font Bembo pada tahun 1495. Jenis font ini diciptakan khusus untuk karya sastra Pietro Bembo berjudul De Aetna.



Renaissance Perancis



Pada awal abad ke 15, Perancis mulai mengimpor kebudayaan Renaissance dari Italia. Pada jaman Renaissane Perancis puncak kejayaan desain grafis dan pencetakan, sehingga jaman ini disebut sebagai “jaman keemasan tipografi Perancis”.



Pada jaman ini muncul dua tokoh, desainer typeface serta pemotong, Claude Garaamond (1480-1561) yang menciptakan huruf Garamond pada tahun 1430-an, dan Geoffroy Tory (1480-1533), profesor, sarjana, penerjemah; penyair , pengarang; penerbit, pencetak, penjual buku: kaligrafer, desainer, ilustrator dan pemahat. Beliau merupakan tokoh yang sering menggunakan logo sebagai trademark pada bisnis percetakannya. Beliau menerjemahkan, mengedit, dan sering menerbitkan teks-teks Latin dan Yunani. Sebagai seorang pembentuk bahasa Perancis, beliau mengintrodusir (memperkenalkan) tanda, tekanan atau titik berat, dan cedilla. Dalam seni-seni grafis, beliau memainkan sebuah aturan besar dalam pengimporan pengaruh ke-Italia-an. Kemudian, dia memproses untuk mengembangkan keunikan style desain buku dan ilustrasi Renaissance Perancis.



Kategori huruf Roman modern pertama kali dipelopori oleh seorang Perancis Fournier le Jeune. Huruf Roman modern sudah menggunakan satuan ukuran. Karakter huruf ini semakin simple dan mengurangi ornamen dekoratif sehingga semakin tegas.



Francois Ambroise di Perancis merevisi sistem pengukuran huruf dengan satuan “point”, yang mana sebelumnya menggunakan satuan Cicero, Petit Romain, dll.



PENGARUH YANG MENYERTAI PERKEMBANGAN DESAIN GRAFIS PADA MASA RENAISSANCE.

Sosial

Perkembangan desain grafis membuat buku-buku dan naskah-naskah mudah didapatkan masyarakat, sehingga makin banyak masyarakat yang terbebas dari buta huruf.



Ekonomi

Seiring dengan perkembangan desain grafis, usaha percetakan pun turut berkembang dan memainkan peranan baru dalam ekonomi negara dan masyarakat. Berkembangnya bisnis percetakan mampu menguntungkan negara dari segi ekonomi. Selain itu, bisnis percetakan mampu menyerap tenaga kerja.



Hukum dan Politik

Perkembangan desain grafis mampu membawa keuntungan bagi hukum dan politik yaitu melalui hubungan dengan negara-negara lain. Dalam bidang hokum mampu membantu mencetak naskah-naskah mengenai kebijakan-kebijakan hokum.



Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi

Perkembangan desain grafis membantu benyak sekolah dan universitas untuk memperbanyak buku-buku. Disisi lain masyarakat lebih mudah mendapatkan buku-buku tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang kemudian mengantarkan pada temuan-temuan yang spektakuler.



Keagamaan

Perkembangan desain grafis membuat buku-buku dan naskah-naskah keagamaan lebih mudah diperoleh masyarakat.

No comments: