tcktcktck Badge

Join the call for a global climate deal at TckTckTck.org

Saturday, April 25, 2009

Sejarah Komunikasi Visual - Masa Postmodernisme

PERKEMBANGAN DESAIN GRAFIS PADA MASA POSTMODERNISME

LATAR BELAKANG MUNCULNYA POSTMODERNISME

Postmodern adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan implikasi sosial budaya serta seni kontemporer yang berkembang apda akhir abad 20 dan awal abad 21. Perkembangan ini ditandai dengan globalisasi, era konsumerisme, dan komoditasi pengetahuan. Postmodernisme juga digunakan untuk menandai periode seni, desain dan arsitektur yang dimulai pada tahun 1950-an sebagai respon terhadap gaya desain modernisme. Postmodernisme merupakan kritik terhadap modernisme dengan penolakan gaya hidup mapan generasi tua, sikap kritis yang mendukung paham atau isu-isu dunia ketiga, mengakomodir sikap individu akibat tren budaya massa dan melahirkan beberapa subbudaya diluar budaya utama

Tanda-tanda budaya postmodern antara lain:

  • Ekletisme, adalah pemikiran atau upaya untuk menggabungkan nilai dan unsur lama dengan unsur baru, tradisional dengan lokal.
  • Subculture, Lyotard mengartikan postmodern sebagai ketidak percayaan terhadap segala pemikiran, referensi atau narasi besar (pemikiran yang menguasai secara totaliter). Jika narasi besar adalah liberalisme atau kapitalis, semantara narasi kecil adalah marxisme, narasi kecil yang lain adalah feminisme, persamaan hak bagi gay, lesbian, etnografi, lintas budaya, dll.
  • Deskontruksi, modernisme percaya pada keteraturan, formalitas yang rasional, maka postmodern menolak semua itu dengan memunculkan konsep deskontruksi. Namun sebagian pemikir postmodern percaya bahwa modernisme dapat diperbaiki sebagian demi sebagian tanpa harus menolak dan menciptakan deskontruksi
  • Parodi, modernisme berati bersifat rasional, funsional, sistematis. Postmodern menolaknya karena diangga menghilangkan nilai-nilai kemanusiaan yang penuh dengan perasaan.
  • Hiperealitas, hilangnya batas seni dan kehidupan. Banyak karya seni yang ditampilakn di ruang publik, trotoar, tembok jalan, eksperimental seni, seni kejadian, konsepsi, instalasi, dll
  • Kistch, lahirnya seni yang tidak berpedoman pasa arus utama kesenian. Seni pop dan seni massa diangkat sebagai salah satu bagian dari seni garda depan.
  • Doublecoding, seni yang tidak lagi memiliki makna tunggal. Segala bentuk yang mungkin untuk bermakna ganda, parodi dan juga ironi.

KARAKTERISTIK DESAIN POSTMODERNISME

Postmodern banyak diwarnai dengan adanya arsitektur urban, bentuk-bentuk dekoratif yang mengacu pada sejarah dan cenderung non-ortogonal. Karakteristik desain grafis pada masa postmodernisme, antara lain:

  1. Tipografi yang semakin kreatif dan inovatif, tipografi tidaklah lagi hanya sekedar tulisan tetapi sudah menjadi bagian dari image.
  2. Permainan headline dan subheadline.
  3. Pencampuran berbagai aliran desain grafis pada masa-masa sebelumnya di dalam satu karya.
  4. Artistik denganpenggunaan teknik fotografi yang semakin berkembang.
  5. Penggunaan letterforms sebagai image

TOKOH-TOKOH DESAIN GRAFIS POSTMODERNISME

Tokoh-tokoh yang paling berpengaruh pada masa Postmodern, antara lain:

1. Niklaus Toxier

2. Gregory Cutshaw

3. Damia Mattews

Sedangkan tokoh-tokoh Postmodern lainnya, antara lain:

1. Tibor Kalman

2. Rubin Cordano

3. Fabien Ferri

4. Mcray Mackleby

PENGARUH POSTMODERNISME TERHADAP DESAIN GRAFIS

Ciri-ciri budaya postmodern, antara lain: ekletisme, subculture, deskontruksi, parodi, hiperealitas, kistch, doublecoding sangat mempengaruhi desain grafis yang berkembang di masa postmodern. Desain grafis postmodern cenderung berkarakter: menggabungkan nilai dan unsur lama dengan unsur baru, tradisional dengan lokal; memunculkan konsep deskontruksi; menolak rasionalitas, funsionalitas, sistematisasi; menghilangkan batas seni dan kehidupan, contohnya banyak karya yang ditampil akan di ruang publik, trotoar, tembok jalan, dll; lahirnya karya desain yang tidak berpedoman pasa arus utama kesenian dan mengangkat budaya pop dan budaya massa; dan karya desain yang tidak lagi memiliki makna tunggalnamun bermakna ganda, parodi dan juga ironi.

1 comment:

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.