tcktcktck Badge

Join the call for a global climate deal at TckTckTck.org

Friday, May 8, 2009

Profil YEPE


Tim Pendaki Gunung dan Penjelajah Alam YEPE (Young Pioneers), merupakan suatu organisasi yang mendedikasikan diri di bidang pendakian gunung, penjelajahan alam, dan kegitan berbasis alam terbuka lainnya. YEPE didirikan pada 1 November 1969 oleh empat orang pemuda, yaitu Heroe Soeprapto (YP-01-P), Alex Pitoyo (YP-04-P), G. Soebandi (YP-05-P), dan Soedarmadji (YP-08-P) di puncak Mahameru (Gunung Semeru 3676 mdpl). Nama organisasi (pada pertama kali didirikan bernama Young Pioneers Mountain Climber atau YPMC) sediri sengaja dipilih yang tidak mengandung unsur pencinta alam (PA), karena para pendiri lebih ingin mewujudkan dalam aktivitas, bukan nama. Latar belakang didirikan YEPE berdasarkan pada sutu pemikiran untuk menciptakan wadah kegiatan positif yang mampu meredam laju dekadensi moral remaja Malang pada masa itu dimana kerap terjadi pergaulan bebas, alkolisme, dan penggunaan obat-obat terlarang.


Pada 16 Maret Februari 1972, YEPE mengalami duka yang mendalam atas meninggalnya dua orang anggota YEPE (Soebiyanto dan Tony Prihastono)di Ayek-Ayek, lereng gunung Semeru. Kepeninggalan dua anggota YEPE ini membulatkan tekad YEPE dalam untuk meneruskan cita-cita organisasi sesuai dengan moral dan cita-cita bangsa yang diprasastikan dalam “Ikrar Anak-anak Suku YEPE” yang isinya kurang lebih: “Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami segenap anggota Tim Pendaki Gunung dan Penjelajah Alam YEPE, dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta disiplin yang tinggi dengan ini berjanji bahwa kami akan bertekad untuk meneruskan cita-cita organisasi sesuai dengan moral dan cita-cita bangsa.”


Sekitar tahun 70-an di kota Malang banyak berdiri organisasi/klub pencinta alam yang menimbulakn kompetisi yang tidak sehat antar organisasi pencinta alam. Berdasarkan keadaan tersebut Kapolresta Malang pada saat itu, Letkol Anton Sudjarwo, mengusulkan dibentuknya wadah persatuan organisasi pencinta Alam se-karesidenan Malang yang direalisasikan dalam suatu perkumpulan bernama MAHAMERU, dimana YEPE juga merupakan salah satu perintis pendiriannya. Namun, pada tahun 1976, dilatarbelakangi oleh perbuatan beberapa pengurus dan anggota organisasi MAHAMERU yang dinilai tidak pantas oleh YEPE pada saat Dies Natalis YEPE ke-6 di Coban Rondo, akhirnya YEPE memutuskan mengeluarkan diri dari MAHAMERU karena ketidak sesuaian ideology terutama dalam masalah minuman keras (alcohol) dan narkotika. Sebagai pemrasatian ideology tersebut, YEPE, Waparsa, Adonis dan Y.E.M mencetuskan Ikrar Lembah Kembar yang intinya menentang penggunaan alcohol dan obat-obatan terlarang serta penyalahgunaan seks di alam terbuka.


Lagu kebangsaan YEPE adalah lagu “We Shall Overcome”, dimana lagu ini merupakan lagu semangat juang tentara Amerika dalam Perang dunia II. Lagu tersebut terbukti telah mampu menumbuhkan semangat bagi rekan-rekan YEPE dalam kondisi yang paling down sekalipun.


Bendera dan lambang YEPE bergambar segi Enam berbentuk perisai suku Dayak Kalimantan yang melambangkan budaya Indonesia, serta delapan mata tombah kearah seluruh penjuru mata angin dengan arti bahwa dalam perjalanan alam anggota YEPE kesegala arah selalu berpedoman pada nilai-nilai Tim Pendaki Gunung dan Penjelajah Alam YEPE.


Kegiatan YEPE saat ini antara lain:

  1. Basic Training (BATRA) bagi calon anggota (saat ini menuju Basic Training untuk angkatan BATRA-23).
  2. Pembuatan buku-buku yang berhubungan dengan kegiatan alam terbuka (not published yet)
  3. Ekspedisi (Ekspedisi terakhir adalah Ekspedisi Binaiya-Pulau Seram-Maluku pada Februari-Maret 2009
  4. Pemberangkatan anggota YEPE ke Inggris untuk mengikuti program EncompassTrust yang memiliki misi untuk menumbuhkan toleransi antara perbedaan ras, suku, agama, dan budaya (setiap tahun sejak tahun 2001 beberapa anggota telah dan akan diberangkatkan)
  5. Beberapa anggota YEPE telah menjadi fasilitator dan instruktur di Baung Camp.


Informasi lebih lanjut mengenai YEPE

Sekretariat YEPE Jl. Metro 15 Bunulrejo, Malang

bph_yepe@yahoo.com

2 comments:

Agiel said...
This comment has been removed by the author.
Agiel said...

Asslm...........

Salam Lestari....

Kemaren Anak-Anak YEPE Baru Pulang Dari Gunung Binaiya Kan ?